Senin, 14 September 2009

Apel Melindungi Pencernaan

Tak hanya segar,apel juga mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.Sebab, buahkaya air itu mengandung pektin. Pektin merupakan senyawa polisakarida larut air. Dalam tubuh, zat tersebut memperla,bat resoepsi, menyerap lemak, serta gula yang muncul setelah mengkonsumsi karbohidrat.

Penyerapan lemak iltulah yang membuat kadar kolesterol menurun. Jika kolesterol menurun, tekanan darah ikut merendah. Kolesterol memang biang sejumlah penyakit. Selain darah tinggi, kolesterol sering menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan serangan jantng.

Fungsi pektin lainnya adalah membentuk cairan kental(mucilago)yang melapisi lendir lambung dan usus. Dengan perlindungan itu, 2 organ itu akan terlindung dari serangan kuman, toksin(racun), danterhindar dari perlukaan(ulcer). Karena itu, secara tidak langsung, apel juga bisa mengobati sakit maag dan diare. Pektin bisa langsung terurai di dalam usus halus, lalu menjadi galaktosa, arabinosa, dan xylosa yang diserap masuk ke dalam darah.

Khasiat lain dari apel ialah sebagai obat tidur. Pasalnya, buah berkulit merah/hijau itu mengandung mineral magnesium dan kalsium yang berkhasiat sebagai obat penenang alami.

Tidak ada komentar: